Dewan Katingan Ingatkan Warga untuk Waspadai Curah Hujan Tinggi

Ketua DPRD Kabupaten Katingan, Marwan Susanto.
Ketua DPRD Kabupaten Katingan, Marwan Susanto.

CATATAN.CO.ID, Kasongan – Ketua DPRD Kabupaten Katingan, Marwan Susanto, mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terkait tingginya curah hujan di wilayah tersebut belakangan ini. Menurutnya, curah hujan yang meningkat dapat memicu berbagai risiko kesehatan dan bencana banjir.

“Seiring dengan musim penghujan yang sudah tiba, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Katingan untuk waspada terhadap potensi penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD), gatal-gatal, dan penyakit lainnya yang biasanya muncul saat musim hujan,” ungkap Marwan, Kamis, 17 Oktober 2024.

Marwan, yang merupakan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P), juga menyoroti kemungkinan terjadinya bencana banjir akibat peningkatan debit air di Sungai Katingan. Beberapa wilayah di sekitar sungai dilaporkan sudah mengalami luapan air.

“Debit air Sungai Katingan saat ini sudah cukup tinggi, bahkan di beberapa lokasi sudah meluap. Warga perlu waspada karena banjir bisa datang kapan saja,” tambahnya.

Kendati demikian, Marwan berharap tingginya curah hujan tahun ini tidak berujung pada bencana yang lebih serius. “Saya berharap, meskipun curah hujan tinggi, daerah kita terhindar dari banjir. Namun, tetap perlu mewaspadai penyakit yang sering muncul di musim hujan ini,” tutupnya.

Marwan Susanto juga mengimbau agar warga selalu siap siaga dan memperhatikan perkembangan situasi cuaca untuk menghindari dampak buruk yang mungkin timbul akibat kondisi cuaca ekstrem ini.(C6)

 

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *