CATATAN.CO.ID, Sampit – Pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diyakini bisa Go National. Asalkan, produk tersebut mampu memenuhi syarat berikut ini.
“Sebenarnya bisa! Sebenarnya hal yang paling utama itu kalau di UMKM itu konsistensinya sih. Karena misalnya, di sini ada 40 gerai toko ritel berjaringan. Berarti pelaku UMKM ini harus memproduksi untuk 40 toko itu,” kata Deputy Manajer Cabang salah satu toko ritel modern berjaringan di Sampit, Ardea Frandiko, Kamis 25 Januari 2024.
Sambungnya, jika pelaku UMKM itu bisa menjaga konsistensinya dalam hal manajemen produksinya, manajemen penjualannya bagus. Maka, bukan tidak mungkin, UMKM asli Kotim punya peluang besar untuk dipasarkan Go National.
Bahkan, dikatakannya sudah banyak UMKM yang berasal dari Kalimantan Tengah (Kalteng) maupun Kalimantan Selatan (Kalsel) memasarkan produk mereka di ritel modern tempat dia bekerja.
Dia menyebutkan, produk-produk UMKM tersebut sudah memiliki manajemen penjualan serta distribusi yang bagus dan matang.
Sementara itu, pada hari ini ritel modern berjaringan tempat Ardea bekerja telah melaksanakan pelatihan bagi UMKM di Kotim sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR).
Kegiatan pelatihan itu digelar di Aula Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kotim, Jalan Jenderal Sudirman KM 6,7, Sampit.
Kepala DKUPP Kotim, Zulhaidir mengatakan, pihaknya juga mengupayakan produk UMKM lokal agar bisa dipasarkan di ritel modern berjaringan.
“Jadi, kami bermaksud mengantarkan produk-produk dari teman-teman UMKM ke ritel modern. Alhamdulillah, sementara ini untuk berbagai persyaratan seperti perizinan, sertifikasi halal, dan lain-lainnya sudah sebagian hampir terpenuhi,” terangnya.
Melalui kerja sama dengan ritel modern berjaringan, omset para pelaku UMKM diharapkan bisa terus naik. Sehingga, semangat para pelaku UMKM di Kotim bisa terus termotivasi untuk berproduksi lebih baik.
Terlebih, Zulhaidir menyampaikan, UMKM di Kotim sudah menunjukan perkembangan yang pesat. Mulai dari segi kualitas produk hingga segi kemasan.
Hal itu tidak terlepas dari kinerja DKUPP Kotim selama ini yang terus-menerus melakukan pembinaan kepada para pelaku UMKM di Kotim. (C10)