Gara-Gara Kebakaran, Gedung Sarang Walet di Samuda Ambruk

Detik detik gedung sarang walet di Mentaya Hilir Selatan ambruk setelah diterjang kebakaran, Jumat, 8 Desember 2023.
Detik detik gedung sarang walet di Mentaya Hilir Selatan ambruk setelah diterjang kebakaran, Jumat, 8 Desember 2023.

CATATAN.CO.ID, Sampit – Gara-gara kebakaran, gedung sarang walet yang berada di Samuda, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ambruk, Jumat 8 Desember 2023.

Pasalnya, kebakaran yang terjadi sejak siang itu. Hingga kini tak kunjung padam. Para petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) masih berjuang memadamkan api yang terus dari gedung sarang walet.

“Apinya membesar lagi. Menyala dari sisi kanan dan kiri bangunan,” ujar seorang wanita dalam sebuah video yang beredar di Whatsapp Group.

Sementara itu, Kepala Seksi Humas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotim, Herry Wahyudi mengatakan, para petugas di lapangan kembali melanjutkan proses pemadaman bangunan sarang walet yang terbakar.

Diberitakan sebelumnya, dua buah rumah dan satu sarang walet tepatnya di Jalan Manunggal VI, RT 21/RW 1, Desa Basirih Hilir terbakar.

Dari ketiga bangunan yang terbakar, bangunan sarang walet memang menjadi bangunan yang paling lama dalam proses pemadaman. Tampak asap tebal terus mengepul dari dalam bangunan sarang walet yang memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter.

“Bangunan yang terbakar, yaitu rumah berukuran 3 meter x 6 meter milik Bapak Jani, rumah berukuran 4 meter x 8 meter milik Bapak Hamdin, dan satu sarang walet berukuran 16 meter x 40 meter,” ujar Herry.

Pada siang tadi, butuh waktu sekitar 2 jam untuk menyelesaikan operasi pemadaman sampai pukul 14.30 WIB.

Namun, ternyata api kembali muncul dari sarang walet dan terus membesar. Hingga membuat para petugas masih berusaha menyemprotkan air agar api padam.

“Sedangkan untuk penyebab kebakaran belum diketahui. Namun, asumsi dari para petugas yang berada di lapangan, kebakaran tersebut diakibatkan korsleting listrik,” sebut Herry. (C10)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *