Tiga Sekolah di Kotim Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional 2023

Penyerahan penghargaan adiwiyata nasional 2023 oleh Menteri KLHK, Selasa 17 Oktober 2023.
Penyerahan penghargaan adiwiyata nasional 2023 oleh Menteri KLHK, Selasa 17 Oktober 2023.

CATATAN.CO.ID, Sampit – Sebanyak tiga sekolah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional 2023.

Informasi itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim, Machmoer melalui Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Kotim, Sri Fatmawati.

“Alhamdulillah, ada tiga sekolah yang mendapatkan penghargaan sebagai sekolah adiwiyata nasional tahun ini. Yaitu, SDS Bumitama Cempaga Hulu, SMK Gunajaya, SDS Karya Makmur Bahagia,” kata Fatma, sapaan singkat Sri Fatmawati, Rabu 18 Oktober 2023.

Dia menerangkan, sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah atau PLHBS.

“Gerakan PLHBS merupakan aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup,” jelasnya.

Fatma menambahkan, dalam kriteria pencapaian sekolah adiwiyata, warga sekolah perlu menjaga dan melestarikan fungsi lingkungan hidup antara lain, menjaga kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase.

“Kemudian, warga sekolah juga perlu melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon/tanaman,” lanjutnya.

Selain itu, calon sekolah adiwiyata juga harus melakukan inovasi terkait perilaku ramah lingkungan hidup (PRLH). Serta, melakukan penghematan dan konservasi air dan energi.

Adapun, penyerahan penghargaan Adiwiyata Nasional itu diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri KLHK) di Jakarta, Selasa 17 Oktober 2023. (C10)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *