Awas! 5 Hari ke Depan Lahan di Wilayah Kotim Masih Sangat Mudah Terbakar

Salah satu upaya pemadaman kebakaran lahan di Kotim.
Salah satu upaya pemadaman kebakaran lahan di Kotim.

CATATAN.CO.ID, Sampit – Awas! Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun H Asan Sampit menyampaikan dalam 5 hari ke depan, lahan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diperkirakan masih sangat mudah terbakar.

“Pada tingkat kerawanan, lahan di Kotim masih sangat mudah terbakar dalam 5 hari ke depan. Sedangkan untuk potensi hujan diperkirakan akan turun dalam waktu tiga hari ke depan, terutama di wilayah utara Kotim,” ujar Prakirawan BMKG Stasiun H. Asan Sampit, Rahmat Wahidin Abdi, Senin 11 September 2023.

Lanjutnya, Kotim baru akan memasuki musim hujan pada Dasarian II Oktober 2023 yang diawali pada wilayah utara Kotim, lalu disusul bagian tengah, dan terakhir wilayah selatan Kotim.

Menurutnya, secara teknis puncak musim kemarau masih terjadi di wilayah selatan Kotim pada September 2023 ini.

Sementara di wilayah perkotaan Sampit sudah melewati puncak musim kemarau. Meski begitu, wilayah Sampit tetap diperkirakan masih mengalami musim kemarau.

“Saat ini Indeks El-Nino juga masih positif hingga awal pergantian tahun. Maka dari itu, saat memasuki musim hujan nanti. Curah hujannya lebih rendah daripada tahun-tahun sebelumnya,” tutur Abdi.

Adapun, dia menyampaikan hal itu saat Rapat Koordinasi Penaikan Status Tanggap Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) mewakili Kepala BMKG Stasiun H Asan Sampit, Musuhanaya.

Rakor tersebut digelar di Gedung Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, Jalan Jenderal Sudirman KM 6,8, Sampit.

Bupati Kotim, Halikinnor memimpin langsung rakor tersebut dengan didampingi Sekretaris Daerah Kotim, Fajrurrahman serta unsur Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) Kotim. (C10)

 

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *