DPRD Minta Pemkab Kotim Alokasikan Anggaran Bimtek Aparatur Desa

Suasana Rapat DPRD Kotim dengan jajaran Aparatur Desa dan pengurus BPD se Kotim Selasa 4 April 2023
Suasana Rapat DPRD Kotim dengan jajaran Aparatur Desa dan pengurus BPD se Kotim Selasa 4 April 2023

CATATAN.CO.ID, Sampit – DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur meminta Pemerintah Kabupaten Kotim mengalokasikan anggaran Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi aparatur pemerintahan desa.

“Agar pemerintah daerah Kabupaten Kotawaringin Timur menyiapkan anggaran dalam APBD untuk melaksanakan Bimbingan Teknis dalam satu tahun anggaran 2 kali kegiatan,” kata Ketua Komisi I DPRD Kotim, Rimbun, Selasa, 4 April 2023.

Ia menjelaskan, pelaksanaan bimtek bagi aparatur pemerintah desa ialah dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam menjalankan roda pemerintahan desa.

Selain aparatur pemerintah desa, pelaksanaan bimtek tersebut juga direkomendasikan untuk jajaran pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kotim.

Rekomendasi tersebut didapatkan dari hasil rapat dengan jajaran aparatur desa se-Kotim dan perwakilan Pemkab Kotim terkait urusan pemerintahan desa.

“Bimtek dilaksanakan dua kali. Jadi, 1 semester 1 kali,” pungkas Rimbun.

Usulan mengenai bimtek bagi aparatur desa juga mendapat dukungan dari Wakil Ketua I DPRD Kotim, Rudianur. Bahkan, ia sangat mendukung jika pelaksanaan bimtek tersebut dilakukan 3 kali dalam setahun.

Bimtek tersebut dapat dilakukan di wilayah Sampit ataupun luar daerah. Ia juga mendukung pelaksanaan bimtek jika harus dilakukan di luar daerah.

“Yang disepakati bimtek di luar daerah. Jangan melihat senangnya. Contohnya saja, saya melihat di pulau Jawa, di sana hampir di mana saja. Hampir seluruh kepala desanya luar biasa,” ungkap Rudianur.

Maka dari itu, bimtek di luar daerah juga bisa memperkaya referensi para aparatur daerah. Sehingga, bisa lebih inovatif lagi menjalankan roda pemerintahan desa yang ada di Kotim. (C10)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *