Peringati Peristiwa Isra Mikraj, KKG PAI SD Kotim Angkat Tema ini

Para peserta kegiatan peringatan Isra Mikraj beserta narasumber dan panitia di Aula Kantor Kemenag Kotim, Kamis 1 Februari 2024
Para peserta kegiatan peringatan Isra Mikraj beserta narasumber dan panitia di Aula Kantor Kemenag Kotim, Kamis 1 Februari 2024

CATATAN.CO.ID, Sampit – Dalam suasana memperingati sebuah peristiwa besar bagi Agama Islam, Isra Mikraj. Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengangkat tema berikut ini.

“Kami telah mengadakan kegiatan peringatan Isra Mikraj kemarin, Kamis, 1 Februari 2024. Tema yang diangkat adalah Implementasi Dakwah Rasulullah Pada Era Digital,” kata Ketua KKG PAI SD Kotim, Rusyidah, Jumat 2 Februari 2024.

Menurutnya, dalam upaya memperkuat pembelajaran agama Islam di jenjang SD, guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI) telah sukses menerapkan strategi dakwah Rasulullah pada era digital. Melalui penggunaan teknologi, mereka menjadikan pembelajaran agama lebih menarik dan relevan bagi siswa.

“Pada kegiatan tersebut, kami menghadirkan narasumber Bapak Sublianur, S. Ag selaku penceramah. Kegiatan itu kami laksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kotim, Jalan Kapten Mulyono, Sampit,” sebut Rusyidah.

Dia memaparkan, penggunaan media sosial dan platform daring telah memungkinkan guru PAI untuk menyampaikan pesan dakwah dengan lebih efektif.

Video pembelajaran, animasi, dan materi interaktif membantu siswa memahami nilai-nilai agama secara menyeluruh. Hal ini menciptakan atmosfer pembelajaran yang dinamis dan memotivasi siswa untuk lebih mendalami ajaran agama Islam.

Selain itu, guru PAI juga memanfaatkan aplikasi pembelajaran khusus yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep agama. Dengan adanya permainan edukatif dan kuis interaktif, siswa dapat belajar sambil bersenang-senang, sehingga meningkatkan daya ingat mereka terhadap materi agama.

Penerapan dakwah Rasulullah pada era digital juga melibatkan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan kelas. Diskusi daring, forum online, dan kolaborasi melalui platform virtual memungkinkan siswa berbagi pemahaman agama mereka, menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan partisipatif.

Dengan semakin meluasnya akses siswa terhadap teknologi, implementasi dakwah Rasulullah pada era digital di SD memberikan kontribusi positif dalam membangun karakter siswa dan mendukung pengembangan spiritualitas mereka.

“Guru PAI yang inovatif dalam menggunakan teknologi telah membawa pembelajaran agama Islam ke tingkat yang lebih baik, menyesuaikan metode pengajaran dengan tuntutan zaman,” pungkas Rusyidah. (C10)

 

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id