CATATAN.CO.ID, Sampit – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan memperkuat sistem berbasis digital. Langkah ini diambil guna mewujudkan pelayanan yang prima, cepat, efisien, dan transparan bagi masyarakat.
“Dengan digitalisasi, masyarakat bisa mengakses layanan langsung dari rumah,” ujar Asisten III Setda Kotim M Saleh, Rabu, 21 Mei 2025. Ia menambahkan, layanan digital saat ini sudah diterapkan di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seperti DPMPTSP, yang menjadi salah satu dari 17 kabupaten pelaksana layanan digital.
Pelatihan terkait digitalisasi juga terus digencarkan untuk mendukung penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Selain itu, kolaborasi antar peserta pelatihan diharapkan mampu mempercepat respons terhadap keluhan masyarakat.
“Saya berharap BKPSDM membentuk grup WhatsApp antar peserta agar keluhan masyarakat bisa segera dibahas dan ditangani,” ujar Saleh.
Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotim Herson Silalahi, menyampaikan pelatihan ini melibatkan berbagai OPD, mulai dari Puskesmas, kecamatan, hingga jaringan layanan kesehatan seperti Labkesda.
“Tujuan kegiatan ini agar pelayanan di OPD dapat dilakukan secara digital maupun langsung. Masyarakat yang sibuk bisa mengakses layanan kapan saja dan di mana saja,” jelas Herson.
Sebanyak 106 peserta dari berbagai unit pelayanan publik mengikuti pelatihan ini, termasuk perwakilan dari pengadilan.
“Dengan digitalisasi, pelayanan publik di Kotim diharapkan semakin cepat, mudah, dan ramah bagi masyarakat,” tutup Herson.(CA/*)