Pemkab Kotim Berharap Sarjana Baru Pertahankan Nilai Karakter Bangsa

Pemkab Kotim Berharap Sarjana Baru Pertahankan Nilai Karakter Bangsa

CATATAN.CO.ID, Sampit – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur berharap kepada seluruh sarjana baru yang baru menyelesaikan Pendidikan di perguruan tinggi mempertahankan karakter bangsa. Hal ini penting mengingat persaingan dunia kerja dan dunia usaha yang makin kompetitif di era seperti sekarang ini.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Bupati Kotawaringin Timur, Najmi Fuadi dalam wisuda ke-25 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit, Kamis, 24 November 2022.

Najmi yang membacakan sambutan Bupati Kotim, Halikinnor mengatakan, di tengah persaingan, kemajuan teknologi dan ancaman resesi ekonomi seperti sekarang integritas dari  sumber daya manusia sangat diperlukan.

“Integritas menjadi suatu hal yang sangat penting. Sikap jujur, sabar dan rendah hati ini adalah karakter anak bangsa yang sesungguhnya,” ucapnya.

Najmi juga berpesan gelar yang didapat bukan semata-mata tujuan utama dari menemouh Pendidikan di perguruan tinggi.  Namun lebih dari itu, kualitas SDM yang ditempa lewat dunia kampus diharapkan dapat dibuktikan dengan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

“Di sisi lain, keberhasilan dari wisudawan-wisudawati yang diperoleh saat ini bukan semata kehebatan dan jerih payah wisudawan yang bersangkutan. Melainkan juga ada tetes keringat dan doa dari orang tua. Sehingga dapat sukses meraih gelar sarjana seperti sekarang,” ucap Najmi di hadapan ribuan tamu yang menghadiri prosesi wisuda 129 mahasiswa STIE Sampit tersebut.

Sementara itu, Ketua STIE Sampit HM Thamrin Noor mengatakan sarjana saat ini dihadapkan oleh tantangan yang berat. Sangat jauh berbeda dari sarjana 5-10 tahun yang lalu.

“Untuk mengatasi itu para dosen dan tenaga Pendidikan juga harus meningkatkan kualitasnya. Terutama dalam kemampuan kepemimpinan dan kerja sama tim. Serta kemampuan beradaptasi dengan teknologi baru, tantangan global, serta kemampuan kewirausahaan. Dengan penguatan ini kita akan mampu melewatinya karena kita sudah memiliki daya saing,” tutur Thamrin.

STIE Sampit mewisuda 129 sarjana manajemen dalam wisuda XXV yang dirangkai dalam sidang senat terbuka, di Gedung Banana Ballroom, Werra Resort, Kamis (24/11).

STIE Sampit merupakan perguruan tinggi  pertama di Kotawaringin  Timur. Kualitas lulusannya sangat diperhitungkan di dunia kerja dan usaha. Saat ini program studi manajemen STIE Sampit telah berakreditasi B. Sedangkan untuk insitusi dan program studi kewirausahaan berakreditasi Baik. (C1)

 

 

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *