PBS Harus Berikan Beasiswa Bagi Pelajar di Kotim

PBS Harus Berikan Beasiswa Bagi Pelajar di Kotim

CATATAN.CO.ID, Sampit – Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Pardamean Gultom meminta agar perusahaan perkebunan swasta untuk memprogramkan beasiswa kepada pelajar di Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Saya punya niatan yang harus saya sampaikan kepada pemerintah daerah di mana penguatan sumber daya masyarakat lokal ini memang harus dilakukan, salah satunya bisa dilakukan dengan gandeng perusahaan,” katanya Senin, 21 Februari 2022.

Dengan begitu pada akhirnya nanti anak-anak lokal ini bisa berkarir dan bekarya di perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah mereka.

SDM merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kehidupan masyarakat lokal. Selama ini masyarakat lokal masih minim bisa berkarir di perusahaan di wilayah mereka karena terkendala kemampuan SDM yang tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Karena kata dia sekarang yang dibutuhkan didunia kerja adalah skil. Sesuai tidak dengan kebutuhan perusahaan, kalau tidak sesuai makanya sulit diterima.

Gultom mengusulkan setiap perusahaan setiap tahun diwajibkan untuk membiayai paling tidak 2 orang masyarakat yang berprestasi diperguruan tinggi.

Namun perguruan tinggi yang diarahkan memang lulusnya mampu bekerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Di kotim sendiri ada sekitar 55 perusahaan perkebunan.

Jika setiap tahunnya menyekolahkan di Perguruan Tinggi berjumlah 2 orang maka da 110 orang yang disekolahkan dan disiapkan SDM untuk bekerja di sektor swasta.

“Kalau setiap tahun berkelanjutan seperti ini saya yakin SDM kita mampu mengisi skil-skil yang dibutuhkan perusahaan perkebunan khususnya dibidang-bidang strategis,” tutupnya. (C4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *