Komisi I Berikan Penekanan Soal Peningkatan PAD

Komisi I Berikan Penekanan Soal Peningkatan PAD

CATATAN.CO.ID, Sampit – Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) memberikan penekanan agar Pemkab Kotim bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) sehingga bisa mencapai target.

Hal itu ditegaskan Komisi I setelah mereka mengundang Badan Pendapatan Daerah serta Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kotim.

Dalam kesempatan rapat koordinasi itu yang disampaikan mengenai upaya peningkatan dan pencapaian target PAD Kotim tahun 2022 ini.

Rapat dipimpin Ketua Komisi I, Rimbun tersebut menekankan agar ada upaya pemerintah dan strategi jitu memiliki pengaruh signifikan untuk mencapai PAD Kotim tahun 2022 ini.

Menurutnya PAD Kotim itu sendiri dalam dokumen perda APBD Kotim yang telah disahkan ditargetkan sebesar Rp345.419.827.300.

“Rapat koordinasi ini dalam rangka kami bersama dengan eksekutif merumuskan bagaimana peningkatan PAD serta mendorong agar target tahun ini bisa terealisasi,” kata Rimbun, Rabu, 6 April 2022.

Menurutnya ada banyak sektor yang disampaikan DPRD Kotim dalam pertemuan itu menjadi target PAD kedepannya.

Seperti optimalisasi pajak Sarang Burung Walet, pajak bumi dan bangunan (PBB), usaha perkebunan kelapa sawit milik masyarakat, pajak atau retribusi dari parkir kendaraan yang parkir di badan dan bahu jalan serta retribusi dari galian C di daerah

“Perlu keberanian pemerintah bersama dengan aparat penegak hukum untuk menindak dan menangkap pelaku usaha galian C ilegal tersebut. Karena selama ini itu bocor,” tegasnya.

Dari rapat itu sendiri menghasilkan tiga kesimpulan yang akan ditindaklanjuti eksekutif nantinya. Ketiga rekomendasi ini yakni wajib menjalankan sinergitas untuk mencapai target PAD Kotim, kedua harus adanyan sinkronisasi potensi PAD sampai ke tingkat aparatur desa dan terakhir guna meningkat PAD menyiapkan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia. (C4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *