Kebakaran Lahan di Kapten Mulyono Sampit Akibat Warga Bakar Sampah

Kebakaran lahan di Jalan Kapten Mulyono Sampit, Senin malam, 24 Juni 2024.
Kebakaran lahan di Jalan Kapten Mulyono Sampit, Senin malam, 24 Juni 2024.

CATATAN.CO.ID, Sampit – Oknum warga membakar sampah menyebabkan kebakaran lahan di lapangan, Jalan Kapten Mulyono, Sampit, Senin malam, 24 Juni 2024.

“Sudah sejak sebelum magrib tadi memang ada yang membakar sampah di situ. Lambat laun apinya merembet,” kata Agus Sugianto salah satu warga sekitar.

Agus mengatakan, lokasi tersebut sebetulnya bukan tempat membuang sampah. Namun warga sekitar sengaja membuang sampah di tepi lapangan tersebut karena pembuangan sampah sementara yang berada di dekat Jembatan Patah ditutup.

Sampah yang semakin menggunung membuat oknum warga sengaja membakarnya. Semak-semak yang mudah terbakar di sekitar lokasi pun turut tersambar membuat api membesar.

“Memang membuang sampah di sini saja sudah salah, apalagi membakarnya,” ucap Agus.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotawaringin Timur (Kotim) Wim RK Benung menyayangkan kejadian tersebut. Kebakaran tidak akan terjadi apabila oknum warga tidak sembarangan membakar sampah.

Beruntung lokasi tersebut berada di tepi jalan dan banyak warga yang melihat sehingga segera melapor kepada pemadam sebelum api merembet luas.

“Kami berharap masyarakat tidak membakar lahan sembarangan dan tidak diawasi. Terutama menjelang musim kemarau ini lahan gambut sedikit terkena percikan api saja sudah menjadi,” kata Wim.

Adapun menurut petugas pemadam kebakaran di lapangan, luasan lahan terbakar tidak terlalu luas sekitar 50 meter. Api dapat dipadamkan 40 menit setelah laporan diterima. (C4)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id