Jokowi : Harga Sembako Sama Seperti di Jawa, Jadi di Kotim Bagus Semua

Presiden Joko Widodo saat meninjau meninjau lahan pertanian di Desa Bapeang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Rabu, 26 Juni 2024
Presiden Joko Widodo saat meninjau meninjau lahan pertanian di Desa Bapeang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Rabu, 26 Juni 2024

CATATAN.CO.ID, Sampit– Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melakukan kujungan ke Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu, 26 Juni 2024. Jokowi menyambangi Pusat Perbelanjaan Mentaya Sampit, dan menilai bahwa harga sembako terbilang bagus masih sama seperti di Pulau Jawa.

 “Saya lihat tadi di pasar harga-harganya sangat baik seperti bawang Rp40 ribu per kilogram, daging ayam Rp38 ribu per kilogram dan cabai rawit harganya sama seperti Pulau Jawa, jadi semua bagus,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, hal tersebut menunjukkan pasokan distribusi dan transportasi ke daerah ini lancar.

“Saya juga kaget tadi waktu saya mengecek, karena hampir sama seperti di Pulau Jawa,” katanya.

Menurutnya, harga-harga sembako di pasaran masih bisa terbilang stabil karena harganya kurang lebih sama seperti di pasaran Jawa.

 “Hampir semua negara saat ini terkena namanya gelombang panas. Sehingga produktivitasnya turun salah satunya beras. Banyak negara yang dulu ekspor beras tetapi sekarang dipakai di negaranya sendiri,” ungkapnya.

Lanjutnya, perkiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika pada bulan Juli hingga Oktober ada gelombang panas.

“Inilah yang harus diantisipasi dan harus disiapkan dulu yaitu pompanisasi. Semua daerah di Indonesia akan dibagikan dengan total yang pertama 20 ribu setelah itu 7 ribu,” katanya.

Jokowi menjelaskan, pompa ini sangat penting untuk sawah-sawah, apalagi saat ini menghadapi gelombang panas.

“Pompa ini hal yang kecil, akan tetapi sangat menjadi kuarsial sekali. Sering saya tanyakan kepada petani, apa ada pompa yang dulu hanya memiliki dua sekarang menjadi tiga. Ini untuk menaikan produktivitas para petani, selain masalah-masalah lain seperti pupuk,” jelasnya.(C8)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id