Irawati Minta Disdukcapil Kotim Tak Diskriminatif dalam Melayani Masyarakat

Wabup Kotim Irawati bersama Kepala Disdukcapil Kotim dan Disdukcapil Provinsi Kalteng saat berfoto bersama saat peluncuran Identitas Kependudukan Digital.
Wabup Kotim Irawati bersama Kepala Disdukcapil Kotim dan Disdukcapil Provinsi Kalteng saat berfoto bersama saat peluncuran Identitas Kependudukan Digital.

CATATAN.CO.ID, Sampit – Dinas Kependudukan dan Pencatatan SIpil Kotawarin Timur diminta agar tak diskriminatif kepada masyarakat yang datang untuk mengurus administrasi kependudukan.

Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Irawati mengatakan, kependudukan pada setiap dimensinya menjadi salah satu titik sentral pembangunan berkelanjutan. Salah satunya diwujudkan dalam bentuk tertib penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

“Dalam memberikan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil harus bersifat netral dan nondiskriminatif, sehingga pelayanan publik dapat berjalan dengan prima”, ujarnya.

Irawati mengimbau kepada selalu peserta melalui sosialisasi tersebut untuk menyukseskan penyelenggaranya Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) dan Dukcapil Go digital mengakses IKD.

Perlu diketahui, IKD ini adalah informasi elektronik yang digunakan untuk mempresentasikan dokumen kependudukan dan data dalam aplikasi digital melali gawai uang menampilkan daya pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

“Saya berharap seluruh masyarakat Kotim sudah mengakses IKD dan telah memiliki dokumen yang akurat. Saya juga berharap peserta sosialisasi ini dapat menciptakan terobosa-terobosan dalam rangka mengatasi permasalahan administrasi kependudukan selama ini”, harapnya.

Lanjutnya, Irawati meminta kepada peserta sosialisasi untuk memperhatikan masyarakat diwilayahnya masing-masing, dalam memberikannya informasi dan bagi yang belum memiliki dokumen kependudukan.

“Sejatinya dokumen kependudukan wajib dimiliki setiap penduduk sejak yang bersangkutan lahir hingga akhir hayatnya”, lanjutnya.

Irawati juga berharap, efektivitas dan kualitas pelayanan turut menukar, sehingga meningkat pula kepuasan masyarakat.

“Saya berterimakasiih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras, ikhlas yang selama ini telah dilakukan demi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat”, tutupnya. (C8)

 

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *