Halikinnor: Penggunaan Dana BOS Harus Tepat Sasaran

Bupati Kotim Halikinnor menghadiri sosialisasi juknis penggunaan dana BOS, Sabtu, 22 Juni 2024.
Bupati Kotim Halikinnor menghadiri sosialisasi juknis penggunaan dana BOS, Sabtu, 22 Juni 2024.

CATATAN.CO.ID, Sampit – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengingatkan agar setiap satuan pendidikan tepat sasaran dalam menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

“Sosialisasi seperti ini penting dalam upaya kita semua untuk memperbaiki sekaligus mengevaluasi penggunaan dana dari pemerintah yang diterima oleh semua pihak salah satunya Dana BOS yang diterima oleh sekolah sehingga transparansi penggunaan dananya dapat dipantau dan diterima masyarakat,” kata Halikinnor, Sabtu, 22 Juni 2024.

Dirinya membuka sosialisasi petunjuk teknis (Juknis) penggunaan dana BOS yang digelar Dinas Pendidikan setempat di Aquarius Boutique Hotel. Kegiatan tersebut diikuti kepala sekolah dan bendahara BOS di 114 satuan pendidikan jenjang SMP di Kotim.

Kegiatan tersebut memberikan gambaran apa saja yang boleh dan dilarang dalam penggunaan dana BOS mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia nomor 63 tahun 2023.

Alokasi dana BOS yang diberikan pemerintah bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan pembiayaan pendidikan agar berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran.

Sehingga anak-anak bisa tumbuh menjadi generasi yang berkualitas dan mampu berkontribusi untuk pembangunan secara nasional maupun daerah pada khususnya.

Pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan mengalokasikan anggaran yang cukup agar dinas teknis melaksanakan kegiatan sosialisasi semacam ini dengan maksud untuk meningkatkan transparasi dan akuntabilitas penggunaan anggaran yang diterima agar anggaran tersebut dapat digunakan sesuai dengan peruntukannya dan tepat sasaran serta dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

“Saya berharap agar pengelolaan dana BOS tahun ini dan tahun-tahun ke depan semakin baik dan akuntabel sehingga berdampak pada perbaikan kualitas layanan pendidikan yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang semakin mempuni,” pungkasnya. (C4)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id