Halikin Minta Kades Kembangkan Usaha Sesuai Karakteristik Desa

Halikin Minta Kades Kembangkan Usaha Sesuai Karakteristik Desa

CATATAN.CO.ID, Sampit – Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor meminta para kepala desa (kades) di kabupaten ini agar dapat mengembangkan jenis usaha yang tepat dan cocok di desa yang dipimpinnya.

“Setiap kades harus bisa mengembangkan jenis usaha yang tepat di desa mereka sesuai karakteristik dan keperluan masyarakat,” ujar saat Bupati Kotim Halikinnor saat menyampaikan sambutan pada rapat koordinasi Kasi PMD dan pendamping desa, Kamis, 24 Maret 2022.

Halikinnor mengatakan itu karena ia ingin agar desa memiliki pendapatan yang tinggi. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat, baik itu program pembangunan maupun pembinaan sumber daya manusia.

“Banyak desa memiliki badan usaha sendiri. Saya mendorong kepala desa agar desa bisa mandiri,” kata Halikinnor.

Kemandirian desa menurut dia bukan hanya dilihat dari terpenuhinya sarana dan prasarana dasar di desa. Namun juga terpenuhinya pelayanan kesehatan, pendidikan, serta penanggulangan kemiskinan.

“Jika seluruh desa sudah bisa memenuhi hal tersebut dengan baik, maka Kotim akan semakin maju kedepannya dan masyarakat semakin sejahtera,” terang Halikinnor.

Pengelolaan Keuangan Transparan

Pada kesempatan itu Halikinnor juga mengingatkan kades melaksanakan tahapan pengelolaan keuangan secara disiplin dan transparan.

Untuk terciptanya pengelolaan keuangan yang baik tersebut, merupakan tugas pokok yang harus dilakukan oleh Kasi PMD dan pendamping desa tingkat kecamatan. Sehingga dapat membawa perubahan suatu desa ke arah yang lebih baik.

Selain itu, mereka juga harus melakukan peningkatan kapasitas aparatur desa agar bisa lebih baik, memastikan partisipasi masyarakat desa guna terlaksana transparansi perencaan pembangunan desa.

“Saya harapkan bisa terlaksana dengan baik di seluruh desa,” kata Halikinnor. (C3)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *