CATATAN.CO.ID, Sampit – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan mendesak RSUD Mas Amsyar Kasongan untuk memperbaiki kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Permintaan ini muncul akibat banyaknya keluhan yang diterima dari masyarakat terkait layanan di rumah sakit tersebut.
“Meskipun setiap tahun ada peningkatan pelayanan, faktanya belum signifikan. Banyak masyarakat yang masih mengeluhkan pelayanan tenaga kesehatan di RSUD Mas Amsyar,” ujar Wakil Ketua I DPRD Katingan, Nanang Suriansyah, baru-baru ini.
Nanang menekankan bahwa indikator pelayanan rumah sakit tidak hanya mencakup kebersihan, infrastruktur, atau lingkungan, tetapi juga kualitas interaksi tenaga kesehatan terhadap pasien. Menurutnya, tidak boleh ada perbedaan perlakuan terhadap pasien, baik yang membayar langsung maupun menggunakan BPJS.
Selain itu, ia menyoroti keluhan terkait stok obat-obatan. Banyak pasien yang menggunakan BPJS, tetapi tetap diminta membeli obat di apotek rumah sakit.
“Jika pasien membayar BPJS secara rutin, seharusnya obat-obatan disediakan tanpa harus ditebus lagi. Ini menjadi pertanyaan dan harus menjadi perhatian serius pihak rumah sakit,” tambahnya.
DPRD berharap RSUD Mas Amsyar Kasongan segera mengambil langkah konkret untuk mengatasi masalah ini, demi memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat Kabupaten Katingan. (C6)