Dorong SOPD, Tingkatkan Kompetensi SDM dan Perbaiki Mental Kerja

Dorong SOPD, Tingkatkan Kompetensi SDM dan Perbaiki Mental Kerja

CATATAN.CO.ID, Sampit – DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Fraksi Partai Goloongan Karya memberikan beberapa catatan masukan, khususnya bagi eksekutif sebagai pelaksana program pemerintahan.

Salah satu poin dalam catatan masukan itu ialah mendorong Dinas dan Instansi terkait agar meningkatkan kompetensi teknis dan memperbaiki mental kerja pegawai atau sumber daya manusianya (SDMnya).

“Upaya optimalisasi kinerja SOPD Fraksi Golkar mendorong untuk Dinas dan Instansi bisa melakukan peningkatan kompetensi teknis SDM serta memperbaiki mental kerja baik kepada yang berstatus sebagai ASN atau pun tenaga kontrak,” kata Anggota DPRD Kotim Fraksi Partai Golkar, Riskon Fabiansyah, Rabu 23 November 2022.

Sehingga lanjutnya, tidak terdengar lagi keluhan masyarakat merasa kurangnya pelayanan publik, keterlambatan penyelesai program kegiatan fisik maupun anggaran.

Ia pun menjelaskan, peningkatan kualitas SDM tersebut baik dari segi kompetensi teknis, maupun mental kerja akan melahirkan pelayanan dan kinerja yang baik. Hal itu diyakininya akan berbuah kepada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Di samping itu juga dengan pelayanan dan kinerja yang baik akan menjadi modal dasar dalam mendorong semua SOPD bisa optimal meningkatkan PAD di berbagai sektor hingga kemandirian daerah Kotim makin meningkat. Untuk itu Fraksi Golkar meminta semua SOPD dapat memperhatikan semua ini,” tegasnya.

Selain itu, pada catatan masukan yang diberikan DPRD Kotim Fraksi Partai Golkar kepada Lembaga Eksekutif Kotim, juga terdapat beberapa poin lainnya. Poin pertama ialah Pemda harus memilikki program prioritas sesuai dengan amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

Selanjutnya adalah kolaborasi semua pihak, khususnya pemerintah dan swasta dalam menggerakkan pembangunan. Poin berikutnya adalah dukungan atas rencana Pemda mengadakan lelang dini setelah penetapan APBD 2023. Terakhir adalah penyusunan program strategis dan konsisten dalam rangka mengendalikan inflasi. (C10)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *