Datangkan Ahli Dalam Pelatihan, Lurah Pasir Putih: Kami Ingin Jadikan Petani Berdasi

Datangkan Ahli Dalam Pelatihan, Lurah Pasir Putih: Kami Ingin Jadikan Petani Berdasi

CATATAN.CO.ID, Sampit – Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang mengadakan sebuah kegiatan sosialisasi dan pelatihan tentang pembuatan pakan ternak/ikan, pengendali hama, penyakit tanaman, dan pupuk organik.

Dalam pelaksanaannya, pihak Kelurahan Pasir Putih turut mendatangkan ahli praktisi di bidang pertanian sebagai pemateri dalam pelatihan yang digelar di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Merubah mindset mereka, bahwa bertani ini sebenarnya menghasilkan yang cukup bagus. Sesuai dengan slogan kita di sini, Kita ingin menjadikan petani yang berdasi. Artinya, mereka penghasilannya sudah bisa menyamai atau paling tidak melebihi orang-orang yang berdasi di luar sana,” ungkap Lurah Pasir Putih, Rudi Setiawan, Rabu, 23 November 2022.

Tambahnya, ia melihat pada dasarnya warga Kelurahan Pasir Putih banyak yang bekerja di bidang peternakan, pertanian, dan perikanan.

Karenanya, ia terinspirasi untuk mendatangkan narasumber yang ahli di bidangnya sebagai penyampai materi pada kegiatan itu. Narasumber tersebut, yaitu Naria Ika Trisnawati, Lilis Dian Prihatini, dan Ermina Komala Dara.

“Narasumber yang ahli di bidangnya, kita datangkan dari Pulau Jawa. Mereka memang asli Kalimantan. Tapi, mereka hijrah ke Pulau Jawa. Dan di sana mereka berkarya. Dan kita lihat hasil karya mereka cukup bagus,” tambah Rudi Setiawan.

Lanjutnya, beberapa karya para narasumber di bidang pertanian, peternakan, dan perikanan itu pun dirasa Rudi cocok untuk diaplikasikan di Kalimantan, khususnya di wilayah Kelurahan Pasir Putih. Terlebih, para narasumber sejatinya merupakan warga asli Kalimantan.

Adapun, kegiatan sosialisasi dan pelatihan itu dilaksanakan selama 3 hari. Mulai dari hari Selasa, 22 November 2022 hingga Kamis, 24 November 2022. Para peserta pelatihan tersebut adalah para kelompok pegiat tani, ternak, dan budidaya perikanan yang ada di wilayah Kelurahan Pasir Putih.

“Mudah-mudahan ini nanti bisa ditiru, bisa diaplikasikan mereka nantinya untuk meningkatkan hasil daripada pertanian atau peternakan mereka yang ada di Kelurahan Pasir Putih, khususnya,” tutur Rudi Setiawan.

Selain itu, Rudi Setiawan mengungkapkan, pelatihan ini juga merupakan bentuk dukungan pihaknya terhadap anjuran Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor. Anjuran itu terkait pemanfaatan tanah-tanah kosong yang terlantar, guna mengurangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). (C10)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *