BMKG Berikan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Laut Jawa

BMKG Berikan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Laut Jawa

CATATAN.CO.ID, Sampit – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali memberikan peringatan dini terjadi gelombang tinggi di perairan Laut Jawa. Gelombang tinggi di perairan Laut Jawa berkisar 0,8 – 2, 0 meter, berbahaya bagi pelayaran.

“Ketinggian gelombang hingga 2 meter, di perairan Laut Jawa. Peringatan dini ini berlaku sejak 14 Januari 2022 hingga 15 Januari 2022 pukul 07.00,” ungkap Kepala BMKG Stasiun Bandara H Asan Sampit, Musuhanaya,¬†Jumat, 14 Januari 2022.

Gelombang tinggi hampir terjadi di seluruh perairan Laut Jawa, meliputi Laut Jawa Bawean, Laut Jawa Timur Masalembo, Perairan Kepulauan Kangean, Perairan selatan Jawa Timur dan Samudra Hindia selatan Jawa Timur.

Tinggi gelombang ini dipengaruhi kecepatan angin di permukaan laut. Saat ini, kecepatan angin di permukaan laut khususnya perairan Kalimantan Tengah bagian timur, berkisar 07-19 knot.

“Masyarakat pesisir Laut Jawa juga harus tetap waspada. Terutama bagi nelayan yang akan melaut,” imbau Musuhanaya.

Selain itu juga perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem, yang dapat terjadi. Seperti hujan deras disertai petir dan angin kencang di wilayah perairan Laut Jawa bagian Timur. Hal ini dapat memperparah ketinggian dan gelombang dan berbahaya bagi pelayaran. (C1)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *