Rinie Apresiasi Bantuan Alsintan untuk Petani

Ketua Sementara DPRD Kotim Rinie menghadiri penyerahan bantuan alsintan, Kamis, 19 September 2024.
Ketua Sementara DPRD Kotim Rinie menghadiri penyerahan bantuan alsintan, Kamis, 19 September 2024.

CATATAN.CO.ID, Sampit – Ketua Sementara DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Rinie, memberikan apresiasi tinggi terhadap bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang disalurkan oleh pemerintah pusat dan daerah. Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi pertanian, yang pada gilirannya akan mendongkrak kesejahteraan petani di Kotim.

“Sebagai lembaga DPRD Kotim, kami menyambut baik dan mengapresiasi pemerintah pusat dan daerah atas perhatian yang diberikan kepada petani. Bantuan ini diharapkan dapat mempercepat proses pertanian, khususnya dalam penanaman jagung, yang biasanya dilakukan secara manual,” ujar Rinie pada acara penyerahan alsintan di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kotim, Kamis, 19 September 2024.

Bantuan alsintan yang diberikan mencakup 34 unit hand traktor, 39 ekor sapi, 29 ekor kambing, 15 unit cultivator, 110 pompanisasi, 10 unit irigasi perpompaan, dan 1 unit irigasi perpipaan. Rinie berharap petani dapat memanfaatkan dan merawat peralatan ini dengan baik agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Menurut Rinie, penggunaan alsintan sebagai substitusi tenaga manusia akan berkontribusi pada peningkatan hasil pertanian di Kotim. “Teknologi ini memungkinkan petani yang sebelumnya hanya bisa panen satu kali menjadi dua kali atau bahkan tiga kali. Ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan petani, tetapi juga mendukung ketahanan pangan,” tambahnya. (C4)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *