Pemkab Kotim Jajaki Rencana Pembukaan Penerbangan Sampit-Banjarmasin dan Sampit-Semarang

Bupati Kotim Timur Halikinnor foto bersama saat penerbangan perdana Nam Air jurusan Sampit Surabaya, Jumat, 13 September 2024.
Bupati Kotim Timur Halikinnor foto bersama saat penerbangan perdana Nam Air jurusan Sampit Surabaya, Jumat, 13 September 2024.

CATATAN.CO.ID, Sampit – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berencana untuk menjajaki pembukaan rute penerbangan baru dari Sampit menuju Banjarmasin dan Semarang. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya meningkatkan konektivitas dan mempermudah akses transportasi bagi masyarakat Kotim.

“Kami sangat membutuhkan rute penerbangan dari Sampit menuju Semarang atau Banjarmasin. Perjalanan darat dari Sampit ke Banjarmasin yang memakan waktu hingga 8 jam sangat melelahkan dan memerlukan biaya besar,” kata Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor, pada Jumat, 13 September 2024.

Pernyataan ini disampaikan saat acara penerbangan perdana Nam Air Sampit-Surabaya PP, yang merupakan hasil kerja sama antara maskapai Nam Air dan BUMD Habaring Hurung. Halikinnor mengungkapkan bahwa saat ini armada pesawat Nam Air terbatas, sehingga proses pembukaan rute baru memerlukan waktu dan evaluasi lebih lanjut.

“Kami memahami bahwa armada Nam Air terbatas, namun kami tetap akan menjajaki kemungkinan pembukaan rute baru. Kami akan memantau perkembangan dan melihat potensi penumpangnya,” ujar Halikinnor.

Bupati Kotim juga membuka kemungkinan untuk bekerja sama dengan maskapai lain seperti Trigana atau maskapai lainnya jika diperlukan. Dia menambahkan bahwa banyak masyarakat Kotim saat ini memilih menggunakan transportasi udara dari Pangkalan Bun dan Palangka Raya.

Sementara itu, penerbangan rute Sampit-Jakarta yang sudah ada saat ini berjalan lancar, kecuali pada hari Sabtu yang tidak memiliki jadwal penerbangan. Kehadiran rute Sampit-Surabaya dengan harga lebih kompetitif diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang selama ini harus bepergian ke Pangkalan Bun atau Palangka Raya untuk penerbangan udara.

“Dengan potensi jumlah penduduk di Sampit dan tingginya kebutuhan akan transportasi udara, pembukaan rute baru ini diharapkan dapat mempermudah mobilitas masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi,” tandas Halikinnor. (C4)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *