555 PPS Pilkada 2024 di Kotim Resmi Dilantik, Ini Kata KPU

Pelantikan PPS Pilkada 2024 di Kotim secara luring di Aquarius Boutique Hotel Sampit, Minggu, 26 Mei 2024
Pelantikan PPS Pilkada 2024 di Kotim secara luring di Aquarius Boutique Hotel Sampit, Minggu, 26 Mei 2024

CATATAN.CO.ID, Sampit – Sebanyak 555 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Kotawaringin Timur resmi dilantik, Minggu, 26 Mei 2024.

“Kami melaksanakan kegiatan pelantikan ini dengan dua mekanisme. Yang pertama luring atau langsung untuk PPS yang bertugas di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Baamang, dan Seranau,” kata Ketua KPU Kotim, Muhammad Rifqi.

Prosesi pelantikan PPS secara luring digelar di Aquarius Boutique Hotel Sampit, Jalan Jenderal Sudirman KM 3.

“Sedangkan, PPS yang bertugas di luar tiga kecamatan tadi, proses pelantikannya secara daring melalui aplikasi zoom meeting,” imbuh Rifqi.

Dia menyampaikan, usai dilantik, para PPS Pilkada 2024 akan merekrut Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam waktu dekat sampai tahap pelantikannya.

Sebagai informasi, pada setiap TPS, akan ditugaskan satu orang PPDP. Dengan begitu, perhitungannya setiap satu orang PPDP akan melakukan pemutakhiran data sebanyak 400 pemilih. Akan tetapi, jika dalam setiap TPS ada lebih dari 400 pemilih. Maka, akan ada dua personel PPDP yang bertugas.

Adapun saat ini, pemetaan jumlah pemilih pada setiap TPS sedang dilaksanakan pihak KPU Kotim bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dalam proses pemetaan ini, PPS akan melakukan pencermatan untuk menentukan berapa jumlah personel PPDP yang dibutuhkan.

Sementara itu, prosesi pelantikan secara luring yang digelar di Hotel Aquarious Boutique Sampit turut dihadiri Asisten I Sekretariat Daerah Kotim, Rihel.

“Saya mengingatkan kepada saudara-saudara petugas PPS untuk selalu mengedepan asas pemilu sebagaimana diatur dalam undang-undang bahwa ada enam asas penting dalam penyelenggaraan pemilihan yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil atau disingkat luber jurdil,” ucap Rihel. (C10)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *