Warga  Lapor ke Pj Bupati Katingan Soal Lalat

Ilustrasi. (Microsoft) 1
Ilustrasi. (Microsoft) 1

CATATAN.CO.ID, Kasongan – Warga Jalan Soekarno-Hatta Kasongan, Kecamatan Katingan Hilir, khususnya yang bermukim di wilayah Kereng Batu melapor ke Penjabat Bupati Katingan soal banyaknya lalat di lingkungan mereka.

Hal ini berdasarkan rilis yang disampaikan perwakilan warga ke media ini, Rabu, 6 Maret 2024.

Dari rilis yang disampaikan itu, perwakilan warga yang menemui Pj Bupati Katingan, Saiful berlangsung pada Senin, 4 Maret 2024.

Dua orang perwakilan warga yang menyampaikan surat laporan tentang keresahan banyaknya lalat tersebut kepada Pj Bupati Katingan itu, yakni Salman I Tukas dan Rita Sulaiman.

“Kami atas nama warga Kasongan di sekitar Jalan Soekarno-Hatta Rt 16 dan Rt 17 Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir, menyampaikan laporan warga tentang keresahan banyaknya lalat di lingkungan warga,” bunyi surat laporan tersebut.

Akibat banyaknya lalat itu, menimbulkan ketidaknyamanan di wilayah sekitar dengan adanya limbah yang berbau tidak sedap.

“Sehingga aktivitas kami terganggu, terutama saat kami makan, minum, maupun aktivitas di dapur, karena banyaknya lalat itu,” katanya.

Adapun penyebab banyaknya lalat tersebut, yakni setelah adanya beberapa usaha kandang ayam potong (broiler) di wilayah jalan tersebut, yang notabene berdekatan dengan permukiman warga.

“Maka untuk itu kami berharap adanya jalan keluar atau solusi bagi kami warga sekitar terntang permasalahan ini,” ujar bunyi surat laporan yang ditandatangani perwakilan warga, Salman I Tukas.

Surat laporan tentang keresahan banyaknya lalat tersebut direspon Pj Bupati Katingan, Saiful dengan membubuhkan kalimat di surat tersebut.

“Yth: Ka DLH/As2. Agendakan rapat koordinasi penyelesaian masalah ini agar tidak menimbulkan keresahan berkelanjutan,” ujar Pj Bupati Katingan, Saiful.

Surat laporan terkait lalat itu juga ditembuskan ke sejumlah pihak, di antaranya Ketua DPRD Katingan, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kantor PTSP, Dinas PUPR, Dinas Perkimtan, Camat Katingan Hilir, Lurah Kasongan Lama, Ketua RT 16 dan RT 17 Kelurahan Kasongan Lama.

Sebelumnya, warga juga melaporkan perihal itu kepada pihak – pihak terkait, bahkan tembusannya hingga ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Tengah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan, Yobie Sandra mengakui jika pihaknya telah mendapatkan surat laporan terkait lalat itu.

“Untuk mengambil langkah-langkah, kami harus lebih dulu melakukan kajian-kajian termasuk hasil uji laboratorium,” katanya saat itu.(C6).

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *