23 Persen Luas Kebun Kelapa Sawit di Kotim Dikelola Masyarakat secara Swadaya

Buah kelapa sawit hasil perkebunan swadaya masyarakat Kotim.
Buah kelapa sawit hasil perkebunan swadaya masyarakat Kotim.

CATATAN.CO.ID, Sampit – Sebanyak 23 persen dari luas lahan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kotawaringin Timur dikelola masyarakat secara swadaya.

“Kurang lebih seluas 130,7 ribu hektare atau 23 persennya merupakan kebun kelapa sawit yang dikelola swadaya oleh masyarakat,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Fajrurrahman, Senin 22 Januari 2024.

Lanjutnya, secara keseluruhan terdapat sekitar 556 ribu hektare luas tutupan lahan perkebunan kelapa sawit di  wilayah Kotim.

Hal itu menjadikan Kotim sebagai salah satu kabupaten penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia. Sehingga sektor kelapa sawit memiliki peran yang cukup penting bagi situasi perekonomian daerah dan di tengah masyarakat setempat.

Terbukti, Kotim merupakan yang paling besar mendapat Dana Bagi Hasil (DBH) perkebunan sawit  dibanding kabupaten lain di Provinsi Kalimantan Tengah.

“DBH perkebunan sawit tahun 2023, Kotim mendapatkan sebesar Rp. 46.485.301.000,- dan untuk tahun 2024 mendapatkan sebesar Rp 41.062.384.000,-” sebut Fajrur.

Adapun, Pemkab Kotim baru saja melakukan evaluasi kinerja RAD-KSB melalui workshop yang digelar di Ruang Rapat Anggrek Tewu Lantai II Gedung A Kantor Bupati Kotim.

“Kegiatan workshop ini sekaligus merumuskan hal-hal ke depannya apa yang harus dilakukan. Sehingga, tujuan pemberdayaan perkebunan kelapa sawit, khususnya perkebunan swasta swadaya di Kotim dapat ditangani dengan sebaik-baiknya,” demikian Fajrurrahman. (C10) 

 

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *