Cuaca Panas di Kotim Capai 35 Derajat Celcius

Cuaca panas di wilayah Kotim Selasa 25 April 2023
Cuaca panas di wilayah Kotim Selasa 25 April 2023

CATATAN.CO.ID, Sampit – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit melaporkan cuaca panas di Kabupaten Kotawaringin Timur dapat mencapai 35,1 derajat Celcius.

“Suhu tertinggi periode 1 April 2023 sampai dengan 24 April 2023 yang tercatat mencapai 35.1 derajat Celcius yakni pada 23 April 2023,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Mulyono L.N, Selasa, 25 April 2023.

Namun ia menjelaskan, dari data tahun sebelumnya untuk rentang suhu tersebut masih dalam kisaran normal di wilayah Kotim.

“Di mana normalnya itu berada di rentang plus minus 33 derajat Celcius pada bulan April,” imbuh Mulyono.

Paparnya, suhu udara akan dikategorikan ekstrim apabila suhu udara mencapai lebih 3 derajat dari suhu normal rata rata pada bulan tersebut.

“Secara klimatologis suhu udara maksimum mencapai puncaknya pada bulan april-mei-dan juni di Kotawaringin timur,” ungkap Mulyono.

Dengan demikian, suhu udara maksimum di wilayah Kotim diperkirakan akan terjadi sampai Juni 2023 mendatang.

“Kemudian untuk hubungannya dengan el nino itu tidak berdampak signifikan untuk saat ini,” tambah Mulyono.

Adapun, semenjak pekan lalu hingga hari ini, hampir sebagian besar negara-negara di Asia Selatan masih terdampak gelombang panas atau “heatwave”.

Di Indonesia, suhu maksimum harian tercatat mencapai 37,2॰C di stasiun pengamatan BMKG di Ciputat, Provinsi Banten pada pekan lalu, meskipun secara umum suhu tertinggi yang tercatat di beberapa lokasi berada pada kisaran 34 derajat Celsius – 36 derajat Celsius hingga saat ini.

Suhu panas bulan April di wilayah Asia secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu matahari, namun lonjakan panas di wilayah sub-kontinen Asia Selatan, kawasan Indochina dan Asia Timur pada tahun 2023 ini termasuk yang paling signifikan lonjakannya. (C10)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *