CATATAN.CO.ID, Sampit – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan cabang Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan kegiatan supervisi dan spot check pelayanan kesehatan yang diterima oleh peserta JKN di salah satu rumah sakit mitra.
“Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan peserta program JKN mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar kualitas dan mutu layanan, ” ujar Kepala BPJS Kesehatan Sampit, Iwan Kurnia. Selasa, 21 Maret 2023.
Lanjutnya, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang rutin dilakukan untuk memastikan peserta mendapatkan layanan sesuai haknya.
“Kita berkunjung ke RSUD Hanau Kabupaten Seruyan, dan pelayanan yang berikan oleh pihak RS ini sudah sangat baik, tetapi memang perlu ada beberapa perbaikan agar pelayanan yang diberikan bisa semakin baik kedepannya, ” lanjutnya.
Iwan mengatakan, dari supervisi yang dilaksanakan itu juga ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk memberikan kecepatan dan kemudahan pelayanan kepada peserta JKN agar peserta tidak menunggu terlalu lama.
“Kita lihat tadi ada satu alat fingerprint yang memang baru satu alat yang difungsikan pada loket rawat jalan, dengan alat ini aktivitas e-Sep rawat jalan tidak terjadi penumpukan peserta di loket pendaftaran, ” katanya.
Iwan mengungkapkan, RSUD Hanau telah menerapkan penggunaan NIK sebagai indentitas peserta JKN.
Sementara itu, Direktur RSUD Hanau Seruyan Atet Kurniadi mengatakan, pihaknya akan terus berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik kepada peserta program JKN.
“Kami juga akan melakukan pembenahan agar ke depan pelayanan yang diberikan bisa semakin baik sehingga transformasi mutu layanan dapat benar-benar dirasakan manfaatnya”, katanya.
Perlu diketahui, saat ini cangkupan peserta program JKN di Kabupaten Seruyan telah mencapai lebih dari 95 persen dari total penduduknya 149.127 jiwa dan untuk peserta JKN. BPJS kesehatan cabang Sampit telah bekerjasama dengan dua RS, lima klinik Pratama, tiga dokter praktek perorangan dan 12 puskesmas. (C8).