156 Peserta Seleksi PPK Pilkada Kotim Ikuti Tes Tertulis Berbasis CAT

Sebanyak 156 peserta seleksi PPK Pilkada Kotim mengikuti Tes Tertulis Metode CAT, Selasa 7 Mei 2024
Sebanyak 156 peserta seleksi PPK Pilkada Kotim mengikuti Tes Tertulis Metode CAT, Selasa 7 Mei 2024

CATATAN.CO.ID, Sampit – Sebanyak 156 peserta mengikuti tes tertulis seleksi PPK untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dengan menggunakan metode berbasis Computer Assisted Test (CAT).

Sebelumnya 156 peserta tersebut telah lolos tahapan seleksi administrasi dari 166 pendaftar di seluruh kecamatan.

“Tes tertulis hanya dilangsungkan satu hari tetapi terbagi di dua lokasi, yaitu di kampus Universitas Darwan Ali ada satu ruangan dengan dua sesi dan di LPP Quantum dengan dua ruangan dan dua sesi juga yaitu pagi pukul 09.00 WIB dan siang 13.30 WIB,”kata Ketua KPU Kotim, Muhammad Rifqi, Selasa, 7 Mei 2024.

Lanjutnya, peserta yang lolos tes tertulis akan mengikuti tahap seleksi wawancara pada 11 Mei 2024. KPU akan mengambil sebanyak 3 kali jumlah kebutuhan atau sebanyak 15 orang. Karena setiap kecamatan memerlukan hanya 5 orang petugas PPK, dan untuk total se Kotim ada 17 kecamatan berarti memerlukan 85 orang sebagai petugas PPK.

“Memang PPK yang saat Pemilu kemarin sebagian ada yang ikut lagi mendaftar PPK Pilkada 2024 ini, ada juga yang tidak mengikuti lagi. Tapi memang kami membuka kesempatan penuh bagi siapapun yang memenuhi syarat baik persyaratan secara umum maupun administrasi itu bisa mengikuti tahapan selanjutnya untuk tes CAT,” ujarnya.

Rifqi menyebutkan, PPK tersebut nantinya setelah proses wawancara akan ditetapkan oleh KPU dan akan dilakukan pelantikan dalam waktu dekat yaitu, pada 16 Mei 2024.

“Masa kerja PPK ini selama 8 bulan. Tugas mereka paling umum adalah membantu tugas-tugas KPU dalam menyelenggarakan tahapan-tahapan Pilkada di tingkat kecamatan. Jadi PPK ini nantinya akan melakukan juga pemutakhiran pemilih, kemudian juga akan melakukan sosialisasi terhadap masyarakat dan juga membantu perekrutan PPS sampai mengkoordinasikan tugas-tugas PPS di tingkat kecamatan sampai nantinya proses pemungutan dan penghitungan suara nantinya tetap dalam kendali KPU melalui PPK sampai rekapitulasi hasil Pemilu yang dilakukan oleh PPK,” jelasnya. (C10)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id