Halikinnor Sampaikan Sejumlah Rencana Besar Pembangunan di Bidang Perhubungan

Bupati Kotim Halikinnor saat pontong tumpeng dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional, di Pelabuhan Sampit, Senin, 19 September 2022.

CATATAN.CO.ID, Sampit – Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor menyampaikan ada sejumlah rencana besar yang dimiliki pemerintah untuk pembanguban di bidang perhubungan di daerah itu.

Hal itu ia sampaikannya, saat memberikan sambutan selaku inspektur upacara pada Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2022, di Pelabuhan Sampit, Senin, 19 September 2022.

Adapun rencana pembangunan tersebut meliputi, perbaikan semua penerangan jalan umum (PJU) dan pembangunan PJU terbaru di Tjilik Riwut, optimalisasi Pelabuhan Pelangsian, penertiban Tersus (Terminal Khusus) dan TUKS(Terminal Untuk Kepentingan Sendiri), pembangunan tol Sungai Mentaya dan pengerukan Sungai Mentaya, dan penambahan landasan pacu Bandara H Asan Sampit.

“Yang pertama, sesuai dengan visi misi Kotawaringin Timur,  Sampit terang bebas banjir dan bersih. Ini tentunya sudah kita mulai dengan perbaikan semua Penerangan Jalan Umum (PJU) yang ada.  Insya Allah nanti di Jalan Tjilik Riwut, nanti akan kita bangun PJU dengan model yang berbeda. Harapan saya semoga itu nanti menjadi ikon baru Kota Sampit. Dan di sana juga akan menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Kota Sampit, ” ucap Halikin.

Kemudian, dalam sambutannya Halikin melanjutkan, pihaknya berupaya melanjutkan pengoperasian Pelabuhan Pelangsian dengan maksimal.

“Dan harapan kami dari sebelumnya pelabuhan pengumpang menjadi pelabuhan laut, sehingga nantinya juga menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah,” katanya.

Selanjutnya adalah penertiban Tersus dan TUKS. Ini juga menjadi perhatian pihaknya bersama aparat terkait untuk terus berkerja sama.

“Pembuatan Tol Sungai Mentaya dengan pengerukan dan membuat aliran baru dengan tidak mengganggu keimbangan (alam) harapannya nanti bisa terwujud, maka transportasi barang maupun orang atau jasa menjadi lebih cepat lagi,” ujar Halikin.

“Selanjutnya, pemanjangan landasan Pacu Bandara Haji Asan Sampit. Ini sudah saya sampaikan langsung ke Bapak Menteri PerhubunganPerhubungan. Mudah-mudahan tahun depan pemanjangan lintasan Bandara Sampit bisa mulai dilaksanakan,” lanjut Halikin.

Selain itu, Halikin dalam sambutannya juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi dari semua pihak. Hal ini demi tercapainya pertumbuhan sektor perhubungan dan transportasi Kotawaringin Timur. (C10)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *