Warga Jalan Tidar Sampit Temukan Hewan Langka ini di Depan Rumah

Warga Jalan Tidar Sampit Temukan Hewan Langka ini di Depan Rumah

CATATAN.CO.ID, Sampit – Dio Anggrian Perdan, warga Jalan Tidar IV, Perumahan Cipta Karya Milenial, Jalur 4, terkejut saat menemukan seekor hewan langka dan dilanjutkan dilindungi. Hewan itu adalah tenggiling. Tenggiling tersebut ditemukan berada di dalam selokan di depan rumahnya, Kamis, 30 Desember 2021.

Dio pun menangkap hewan tersebut dan memindahkannya ke bak tempat penampungan sampah. Ia pun langsung menghubungi petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotawaringin Timur.

“Dia terkejut saat menemukan seekor trenggiling dalam selokan depan rumahnya. Kemudian dia berinisiatif untuk menangkap tenggiling itu,”  kata Purwondo, petugas Disdamkarmat Kotim, Jumat, 31 Desember 2021.

Menerima laporan itu, sebanyak 7 orang personel Disdamkarmat Kotim diterjunkan dan langsung ke kediaman pelapor. Sesampai di lokasi, petugas pun langsung segera melaksanakan serah terima.

Seekor tenggiling atau biasa dikenal dengan nama latin Pholidota diamankan petugas. Tenggiling tersebut memiliki panjang sekitar 50 sentimeter dengan berat sekitar dengan jari-jari tubuh sepanjang 7 sentimeter.

Tenggiling tersebut akan diamankan. Selanjutnya Disdamkarmat Kotim akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat karena tenggiling merupakan salah satu hewan dilindungi.

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *