Tanamkan Gemar Makan Ikan untuk Anak PAUD

Gerakan makan ikan bersama bunda PAUD Kotawaringin Timur di Citimall Sampit, Selasa 11 Juni 2024.
Gerakan makan ikan bersama bunda PAUD Kotawaringin Timur di Citimall Sampit, Selasa 11 Juni 2024.

CATATAN.CO.ID, Sampit – Pemkab Kotawaringin Timur menanamkan gemar makan ikan untuk anak PAUD guna mencegah stunting sejak dini.

“Kegiatan ini salah satu langkah intervensi yang kita lakukan untuk mencegah stunting pada anak usia dini dengan kegiatan gemar makan ikan bersama bunda PAUD Kotim,” kata Staf Ahli Bupati Kotim Rusmiati, Selasa, 11 Juni 2024.

Dirinya menghadiri kegiatan gerakan makan ikan bersama bunda PAUD Kotim di Citimall Sampit. Kegiatan tersebut salah satu langkah strategis agar peningkatan angka stunting di Kotim bisa diminimalisir.

Ia apresiasi Bunda PAUD Kotim sangat membantu dalam menjaga dan mendukung anak-anak agar tumbuh optimal, baik dalam pemenuhan nutrisi maupun akses pendidikan bagi anak usia dini.

“Kita ketahui makan ikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan,” ujarnya.

Oleh karena itu, kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengonsumsi ikan dalam pola makan sehari-hari, khususnya bagi anak usia dini agar mereka tidak mengalami stunting.

Berdasarkan data dari riset kesehatan dasar kementerian kesehatan RI tahun 2018 angka prevalensi stunting di Kotim sebesar 48,84 persen, tertinggi di Kalimantan Tengah. Kemudian pada 2022 mengacu kepada data survei status gizi Indonesia dari kementerian kesehatan RI angka prevalensi stunting di daerah ini menurun menjadi 27,9 persen dan berdasarkan hasil survei kesehatan indonesia tahun 2023 angka prevalensi stunting naik manjadi 35,5 persen. (C4)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id