SMAN 1 Sampit Tanamkan Karakter Profil Pelajar Pancacila Lewat Poster dan Kolase

SMAN 1 Sampit Tanamkan Karakter Profil Pelajar Pancacila Lewat Poster dan Kolase

CATATAN.CO.ID, Sampit – SMAN 1 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur menanamkan karakter profil pelajar pancasila lewat karya berupa poster dan kolase. Ini wujuh satuan pendidikan yang sudah menerapkanĀ  sebagai Sekolah Penggerak.

Karya poster dan kolase dipamerkan SMAN 1 Sampit dalam expo Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Citimall Sampit, Sabtu, 14 Januari 2023. Pameran ini mengangkat isu sekitar yang tuangkan dalam bentuk karya atau produk berupa poster dan kolase dengan pesan di dalamnya seperti stop bullying, bijak bermedia sosial, pemanfaatan limbah serta pemanasan global.

“Kegiatan hari ini adalah rangkaian yang wajib dilaksanakan dalam kurikulum merdeka dimana P5 ini penekanannya pada karakter dan untuk mencapainya siswa harus mengerjakan projek,” ungkap Kepala SMAN 1 Sampit Darma Setiawan.

Dari terselenggaranya kegiatan P5 diharapkan bisa menanamkan karakter profil pelajar pancasila pada siswa, khususnya dalam dimensi kemandirian, kreatif dan bergotong royong.

Pada program P5 siswa diminta memilih tema sendiri, mengekplor lingkungan sekitar lalu mereka membuat karya beupa poster dengan berisi pesan atau himbauan, ada juga kreasi berupa kolase dari pemanfaatan limbah.

“Bentuknya barang tapi ada karakter yang tertuang di dalamnya, tujuannya bukan memamerkan tapi bagaimana isinya bisa mereka terapkan,” kata Darma.

Melalui kegiatan P5, menurutnya siswa juga sangat antusias karena kegiatan yang dijadwalkan berjalan lancar sampai pada puncaknya bisa dipamerkan pada acara expo dengan hasil karya siswa yang sangat luar biasa. (C9)

HARI JADI KE 70 KOTIM

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *