Siswa SMPN 4 Sampit Olah Buah Nanas Jadi Produk Jajanan Menggiurkan

Siswa SMPN 4 Sampit Olah Buah Nanas Jadi Produk Jajanan Menggiurkan

CATATAN.CO.ID, Sampit – Siswa/siswi SMPN 4 Sampit mampu mengolah buah nanas menjadi berbagai produk jajanan makanan yang menggiurkan. Jajanan olahan siswa SMPN 4 Sampit itu dipamerkan pada sebuah pagelaran bazar kewirausahaan di lingkungan sekolah tersebut yang beralamat di Jalan Ir. Juanda, Kota Sampit, Senin, 21 November 2022.

“Kami mengadakan bazar kewirausahaan. Siswa menyajikan macam-macam produk olahan dari buah nanas. Segala olahan mkanan dari nanas. Ada nastar nanas, puding nanas, selai nanas, sirup nanas, permen nanas, es krim nanas. Ada juga cokelat nanas dan permen nanas, sambal nanas, asinan nanas, dan permen nanas,” ujar salah seorang Guru SMPN 4 Sampit, Endang Sulastri.

Ia menuturkan, berbagai produk olahan nanas itu merupakan hasil kreasi siswa yang dikerjakan secara berkelompok. Setiap kelompok terdapat 10 siswa di mana dalam setiap kelas, terdapat 3 kelompok.

Tambahnya, pagelaran bazar usaha kewirausahaan tersebut merupakan hasil implementasi pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk tema kewirausahaan.

Melalui pembelajaran P5, berbagai produk olahan nanas kreasi siswa itu telah melalui proses persiapan yang cukup panjang dengan bimingan dan arahan dari para guru SMPN 4 Sampit.

“Kami dan para siswa telah mempersiapkan ini lewat beberapa tahap. Ada tahap awal dari sosialisasi, hingga tahap akhir, yakni bazar kewirausahaan. Yang kami adakan hari ini, Senin, 21 November 2022,” kata Endang.

Ia pun menjelaskan, tahap sosilaliasi dilakukan dari 3-7 Oktober 2022. Sosialisasi itu ditujukan kepada wali kelas dengan siswa tentan Projek P5. Dalam sosialisasi itu, kami bersama-sama mencari produk berbahan nanas dan coba menghubungu narasumber yang ahli dalam produk tersebut.

Kemudian, tahap kedua pada 10-14 Oktober 2022, para guru mengadakan sosialisasi dengan orang tua siswa mengenai rubrik penilaian projek P5. Tahap berikutnya, yakni pada 17- 31 Oktober 2022, kami mulai menyiapakn bahan, pembelian bahan, serta perhitungan dana awal.

Masuk ke tahap 4, yaitu pada 1-11 November 2022, kami mulai menyiapkan desain kemasan yang meliputi, desain kemasan
uji coba, proses 1, proses 2, hingga tes pasar dengan teman sekelas, saling tukar antar kelompok.

“Hingga akhirnya pada hari ini, Senin, 21 November 2022, siswa/siswi kami, SMPN 4 Sampit menggelar bazar wirausaha yang menjajakan berbagai produk olahan nanas,” tukas Endang.

Adapun, selain bazar kewirausahaan, di hari yang sama, SMPN 4 Sampit juga menggelar persemian kolam renang yang secara langsung dipimpin secara simbolis oleh Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur Halikinnor. (C10)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *