Sering Banjir Sebabkan Minat Warga Bertani Menurun

Sering Banjir Sebabkan Minat Warga Bertani Menurun

CATATAN.CO.ID, Kuala Pembuang – Sering terjadi banjir di wilayah Daerah Pemilihan II meliputi Kecamatan Seruyan Hanau, Kecamatan Danau Seluluk, Kecamatan Seruyan Raya dan Kecamatan Sembuluh, menyebabkan menurunnya minat masyarakat setempat untuk bertani atau bercocok tanam.

Berdasarkan pantauan Tim Reses Dapil II bahwa keadaan atau kondisi pertanian di wilayah Dapil II pada saat ini tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Koodinator Tim Reses Dapil II Arrahman menyampaikan, tidak berjalan sebagaimana mestinya sektor pertanian di wilayah setempat, lantaran disebabkan kurangnya minat petani untuk bercocok tanam, terutama untuk komuditas tanaman padi.

“Para petani beralasan bahwa cuaca pada saat ini kurang mendukung terlebih sering terjadinya banjir sehingga hampir semua lahan pertanian tenggelam dan mengakibatkan gagal panen,“ katanya, Senin, 3 Januari 2022.

Selain itu melambungnya harga pupuk dan pestisida juga menjadi penyebab semakin nenurunnya minat warga untuk bertani, lantaran modal yang dikeluarkan para petani tidak sebanding dengan harga jual gabah.

“Kami anggota DPRD Seruyan Dapil II berharap kepada pemerintah Daerah melalui Dinas terkait agar dapat mencarikan solusi terhadap permasalahan ini, agar sektor pertanian di wilayah ini kembali bergairah,“ tandasnya. (C5)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *