Pemkab Kotim Harapkan Kembali Raih WTP, Ini Respon BPK

Pemkab Kotim Harapkan Kembali Raih WTP, Ini Respon BPK

CATATAN.CO.ID, Sampit – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berharap kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Daerah Republik Indonesia (BPK-RI).
“Sebelumnya Pemkab Kotim sudah meraih 7 kali WTP sehingga kami harap tahun ini kembali meraih WTP yang ke-8,” ujar Bupati Kotim Halikinnor, Senin, 04 April 2022.
Pemkab Kotim berharap agar prestasi tersebut bisa kembali dipertahankan. Karena sebelumnya Kotim juga meraih penghargaan dari MentEri Keuangan karena meraih 5 kali WTP berturut-turut.
“Hal tersebut bisa dicapai kalau pengelolaan keuangan kita bisa lebih baik. Sehingga seluruh SOPD harus cepat dalam menyampaikan laporan,” terang Halikinnor.
Opini WTP menunjukkan bahwa pelaksanaan pemerintahan khususnya pertanggungjawaban keuangan berjalan dengan baik. Tidak ada yang berimplikasi dengan hukum.
“Sehingga jika sudah meraih opini WTP maka pertanggungjawaban keuangan daerah kita sudah berjalan dengan baik sehingga perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” kata Halikinnor.
Hal tersebut disampaikan Halikinnor saat kegiatan pertemuan Pemkab Kotim dengan tim BPK RI pada pemeriksaan LKPD Tahun Anggaran 2021 di rumah jabatan bupati.
Ketua Tim Pemeriksa dari BPK RI Perwakilan Kalimantan Tengah (Kalteng) Dimas Septianto mengatakan, saat ini audit sedang berlangsung. Agar nantinya dapat diketahui apakah ada temuan atau hal yang perlu diperbaiki.
“Sementara ini hampir seluruh SOPD responnya sangat baik terhadap kami. Data mudah kami dapat, saat cek fisik di lapangan juga ditemani oleh mereka,” terang Dimas.
Dimas juga berharap agar WTP bisa dipertahankan. Terutama dalam penyusunan keuangan daerah agar terus lebih baik. (C3)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *