Meski Berstatus Warga Binaan, Urusan Kesehatan Tetap Diutamakan

Meski Berstatus Warga Binaan, Urusan Kesehatan Tetap Diutamakan

CATATAN.CO.ID, Sampit – Berbagai upaya terus dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit dalam rangka meningkatkan kesehatan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) termasuk pemeriksaan rutin baik yang dilakukan di poliklinik maupun dengan sistem patroli jemput bola ke setiap blok-blok hunian

Tim Kesehatan yang dipimpin oleh seorang dokter dibantu oleh dua perawat serta seorang bidan kembali melakukan patroli jemput bola untuk melakukan pemeriksaan rutin dengan mendatangi para WBP di blok-blok huniannya masing- masing.

Kaharudin selaku dokter Lapas Sampit mengatakan bahwa kegiatan yang diperintah langsung oleh Kalapas Sampit sangat efektif diterapkan di Lapas Sampit yang mana tingkat huniannya sangat padat dan disambut antusias oleh para WBP

“Dengan sistem patroli jemput bola kali ini juga dapat kami manfaatkan untuk melihat langsung kebersihan blok hunian, sanitasi dan hal-hal lain yang mendukung kesehatan para WBP. Apabila terdapat WBP yang harus mendapatkan perawatan kesehatan lanjutan, maka akan dilakukan pemeriksaan secara intensif di poliklinik LapaS,” ucapnya.

Sementara itu Kalapas Sampit, Agung Supriyanto yang memotor kegiatan ini menyampaikan bahwa layanan kesehatan merupakan salah satu hak para WBP sehingga berbagai upaya harus ditempuh dalam rangka menjaga kesehatan para WBP.

“Monitor dan lakukan pemeriksaan secara intensif kepada seluruh WBP karena mencegah lebih baik dari mengobati” perintah Kalapas, Kamis, 20 Januari 2022.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap dua hari sekali dengan harapan semoga semua WBP tetap terjaga kesehatannya dan juga sebagai upaya deteksi dini agar tidak terjadi keterlambatan dalam penanganan kesehatan apabila terdapat WBP yang memerlukan tindakan lanjutan. (C4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *