KOSEPAT Tanamkan Nilai Kejujuran pada Siswa Sejak Dini

KOSEPAT Tanamkan Nilai Kejujuran pada Siswa Sejak Dini

CATATAN.CO.ID, Sampit – Koperasi SDN 4 Ketapang (KOSEPAT) memiliki konsep yang berbeda dari koperasi pada umumnya. Tak hanya mencari keuntungan, koperasi itu turut menanamkan nilai kejujuran para peserta didiknya sejak dini.

“Jadi, semacam kantin kejujuran. Siswa membeli barang dan menaruh uang di situ. Lalu, mengambil kembaliannya sendiri,” ujar guru pembina KOSEPAT, Asykuriah, Minggu, 20 November 2022.

Dengan sistem tersebut, tentunya, pengelolaan KOSEPAT akan tergantung dari sejauh mana siswa di sekolah yang berlokasi di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang itu berlaku jujur ketika membeli barang.

Meski begitu, operasional KOSEPAT tidak selalu menerapkan konsep kantin kejujuran tersebut. Ada kalanya, terdapat para siswa yang menjaga dengan dibimbing guru piket sesuai jadwal secara bergiliran. Di beberapa waktu di mana tidak ada siswa yang berjaga lah, KOSEPAT menerapkan konsep kantin kejujuran.

“Untuk penjaga koperasi, dilakukan oleh siswa-siswa dibantu guru piket secara bergantian. Namun, kadang koperasi tidak ada yang jaga,” tutur Asykuriah.

Asykuriah menuturkan, awalnya di KOSEPAT, hanya tersedia barang-barang seperti alat tulis-menulis. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, ada beberapa produk original hasil kreasi siswa SDN 4 Ketapang turut diperjual-belikan.

Terpantau, siswa yang tergabung ke dalam KOSEPAT memang sudah menelurkan beberapa produk original. Bahkan, beberapa kali produk-produk tersebut sudah dipamerkan di berbagai bazar UMKM yang digelar di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Beberapa produk itu seperti, serbuk bawang dayak, rajangan bawang dayak, dan handsanitizer bawang dayak. (C10)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *