Disdukcapil Kotim Akan Lakukan Perekaman di Kecamatan Sebagai Target Syarat Vaksinasi

Disdukcapil Kotim Akan Lakukan Perekaman di Kecamatan Sebagai Target Syarat Vaksinasi

CATATAN.CO.ID, Sampit – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan melaksanakan jemput bola untuk melayani kepengurusan administrasi kependudukan (adminduk).

Ini sebagai langkah pihaknya dalam melayani masyarakat di kecamatan, yang banyak belum memiliki KTP-e atau alamat belum berdomisili di Kotim.

“Ada dua kecamatan yang berdasarkan laporan masih ada warga belum masuk data vaksin karena belum memiliki KTP-e. Sehingga akan menjadi sasaran kami,” ujar Kepala Disdukcapil Kotim Agus Tripurna Tangkasiang, Kamis, 24 Maret 2022.

Dua kecamatan tersebut yakni Mentaya Hilir Selatan dan Pulau Hanaut. Di daerah tersebut capaian vaksinasi Covid-19 rendah, karena NIK tidak terdaftar. Sehingga tidak bisa masuk dalam database.

Karenanya pihaknya melakukan koordinasi dengan kedua camat di sana untuk persiapan kegiatan jemput bola. Agar masyarakat bisa terlayani dengan baik dan tidak pelu ke Disdukcapil.

Sebelumnya, Bupati Kotim Halikinnor meminta Disdukcapil untuk turun langsung ke lapangan melakukan jemput bola pengurusan adminduk. Terutama di Mentaya Hilir Selatan.

Hal tersebut dilakukan, berkaitan dengan capaian vaksinasi di beberapa kecamatan yang masih rendah. Karena masih ada masyarakat yang belum memiliki KTP-el, sehingga Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) masih mencatat data warga yang telah di vaksin secara manual.

Sehingga, data tersebut tidak masuk ke aplikasi di Dinas Kesehatan setempat, sebab meski telah di vaksin namun warga tersebut belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Pada prinsipnya kami siap untuk kegiatan jemput bola ke lapangan. Namun, sebelumnya akan kami cek dulu data kepemilikan NIK per desa dan per kecamatan,” terang Agus. (C3)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *