Siswa SMP IT Arafah juga Dikenalkan Seputar Markas Satlantas Polres Kotim

Siswa SMP IT Arafah juga Dikenalkan Seputar Markas Satlantas Polres Kotim

CATATAN.CO.ID, Sampit – Sebagai bagian dari program parent teaching, siswa SMP IT Arafah Sampit melakukan kunjungan ke Markas Satlantas Polres Kotim. Tak hanya soal lalu lintas, para siswa juga dikenalkan seputar markas Satlantas Polres Kotim.

“Selain penanganan pelanggaran lalu lintas, kita juga melayani (penanganan) tindak pidana. Unit laka lantas atau penyidikan untuk menangani masalah seperti kejadian kecelakaan,” ujar petugas Satlantas Polres Kotim saat kunjungan SMP IT Arafah, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Selain itu, terdapat beberapa fasilitas di dalam ruangan yang digunakan sebagai tempat penjelasan para petugas Satlantas Polres Kotim kepada siswa. Fasilitas tersebut di antaranya, berupa pojok baca, ruang menyusui, dan ruang pengaduan masyarakat.

“Ada anak-anak yang mau bermain. Di sini bisa juga. Ada pojok main untuk anak-anak,” lanjut petugas Satlantas tersebut.

Selanjutnya, siswa SMP IT Arafah diberi kesempatan untuk melihat area di sisi lain Markas Satlantas tersebut. Para siswa diperlihatkan contoh-contoh motor-motor hasil penilangan Satlantas Polres Kotim.

Petugas Satlantas Polres Kotim pun menjelaskan, motor-motor tersebut ditilang karena kelengkapan surat-suratnya tidak jelas. Pada sisi lain di area yang sama, terdapat juga kendaraan-kendaraan bekas kecelakaan.

Mulai dari kendaraan roda dua, roda 4, hingga truk, terhampar pada area tersebut. Selain itu, ada juga tumpukan knalpot sepeda motor yang tidak memenuhi standar.
Area berisi kendaraan itu dipertontonkan kepada siswa SMP IT Arafah. Tujuannya, agar siswa SMP IT Arafah memahami dampak buruk pelanggaran lalu lintas.

Terakhir, siswa SMP IT Arafah dipertunjukkan dengan beberapa kendaraan dinas milik Satlantas Polres Kotim. Kendaraan tersebut, seperti mobil dan motor patwal, mobil SIM Keliling, hingga ambulan Satlantas Polres Kotim.

“Semoga dengan kegiatan ini, siswa SMP IT Arafah mendapatkan ilmu dari Satlantas Polres Kotim. Supaya nantinya mereka bisa mengamalkan apa-apa yang telah dijelaskan dan mereka lihat,” tutur Rito Gustianda selaku guru pendamping siswa SMP IT Arafah pada kunjungan tersebut. (C10)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *