Peserta Dianpinru Diharapkan Mampu Terapkan Ilmu di Gudep

Peserta Dianpinru Diharapkan Mampu Terapkan Ilmu di Gudep

CATATAN.CO.ID, Sampit – Kwartir Cabang Pramuka Pramuka Kabupaten Kotawaringin Timur (Kwarcab Kotim) berharap para peserta Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) menerapkan ilmu yang telah mereka dapatkan di setiap gugus depan (Gudep) sekolah mereka.

“Harapannya, kedepannya, mudah-mudahan ilmu yang didapatkan selama pelatihan bisa diaplikasikan di gudep masing-masing,” kata panitia penyelenggara Dianpinru, Muhammad Nafiq, Kamis, 24 November 2022.

Terlebih, lanjutnya, ilmu-ilmu yang diajarkan dalam Dianpinru ini juga sangat banyak. Berdasarkan rilis rundown kegiatan Dianpinru.

Kegiatan yang diadakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklacab) Kotim Jalan A. Yani Sampit itu telah dihelat sejak Rabu, 16 November 2022 hingga Minggu, 20 November 2022.

Tertera pada rundown, pada hari pertama dan kedua, materi pelatihan anggota pramuka terkait pengetahuan pokok pramuka. Mulai dari sejarah pramuka, lambang dan gerakan pramuka, senam pramuka, upacara pramuka, hingga Syarat dan Tanda Kecakapan Umum maupun Khusus (SKU/TKU dan SKK/TKK) dalam pramuka.

Pada hari ketiga, ilmu yang diajarkan ialah seputar ilmu teknis dalam kepramukaan. Mulai dari pioneering, sandi-sandi, peta pita/kompas, smaphore, peraturan baris-berbaris (PBB).

Menariknya, pada malam hari di hari keempat, kegiatan Dianpinru diisi dengan sesi api unggun di mana dalam jadwal tertera kegiatan dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB-20.30 WIB. Sementara itu, di hari terakhir Muhammad Nafiq mengatakan, juga ada pelatihan mengenai penanggulangan bencana.

“Ada pelatihan penanggulangan bencana. Peserta Dianpinru diajarkan beberapa materi yang berkaitan, ya, tentang penanggulangan bencana. Contohnya itu, ya, cara bikin tandu, pertolongan pertama untuk menangani patah tulang, dan cara evakuasinya,” papar Muhammad Nafiq.

Adapun, Wakil Ketua Kwarcab Kotim Bidang Pembinaan Anggota Muda, Jusman menuturkan, ada penghargaan atau reward terhadap peserta Dianpinru.

“Kita juga memilih 10 peserta terbaik selama pelatihan yang berasal dari berbagai sekolah di Kotim. Karena kegiatan ini diikuti semua pramuka penggalang dari SMP se-Kotim. Kesepuluh orang itu dinilai selama mengikuti pelatihan Dianpinru,” ucapnya.

Lanjutnya, Dianpinru (Gladian Pimpinan Regu) adalah kegiatan pramuka penggalang untuk mendidik dan melatih pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru) dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru). Supaya, nantinya para peserta dapat menjadi pemimpin yang baik dan cakap. (C10)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *