Halikinnor Gusar, Kotim Jadi Kabupaten Terendah untuk Penimbangan Balita di Posyandu

Bupati Kotim saat menghadiri rapat RKPD di aula Bapperida Kotim, Kamis, 27 Juni 2024
Bupati Kotim saat menghadiri rapat RKPD di aula Bapperida Kotim, Kamis, 27 Juni 2024

CATATAN.CO.ID,Sampit– Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor tampak gusar karena daerah itu menjadi yang terendah untuk penimbangan bayi di bawah lima tahun di Pos Pelayanan Terpadu se- Kalimantan Tengah. Padahal ini menjadi salah satu upaya dalam menekan angka stunting.

“Entah selama ini Posyandu tidak buka atau buka tetapi anak-anak balitanya tidak datang. Ini akhirnya kan tidak bagus. Sementara dari semua balita yang ada, ada yang stunting atau ada juga yang harus kita awasi,” ungkapnya saat rapat Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) dan Indikator Rencana Pembangunan Jangka Panjang, di aula Bapperida, Kamis, 27 Juni 2024.

Halikinnor mengatakan, Pemerintah telah membuat Program Gerebek Stunting yang dilakukan ke rumah-rumah. Ini dimaksud agar upaya pemberantasan stunting dapat dilalukan maksimal.

“Saya langsung yang mengantarkan telur dan susu ke rumah-rumah yang penderita stunting. Dan kami sudah berikan pesan kepada orang tua atau walinya untuk diberikan kepada balita,” katanya.

Dirinya sudah menginstruksi seluruh camat dan lurah untuk turun langsung mengecek apakah ada warganya masing-masing yang memiliki balita.

“Rupanya hanya dinas kesehatan saja yang bekerja, kepala desa jangan lepas tangan. Datangi rumah-rumah orang yang memiliki balita, kalau perlu timbang di tempat jadi tau pertumbuhan balita sekitar lingkungannya masing-masing,” katanya.

Ia juga meminta agar nanti dibentuk tim baik itu di Kecamatan ataupun di desa. Tentubya ini juga merupakan upaya menurunkan angka stunting di Kotim. (C8)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id