Dua Sekolah di Kotim Raih Penghargaan Adiwiyata Provinsi

Penyerahan apresiasi uang pembinaan dari Wabup Kotim, Irawati kepada sekolah peraih Adiwiyata, 2 Mei 2024
Penyerahan apresiasi uang pembinaan dari Wabup Kotim, Irawati kepada sekolah peraih Adiwiyata, 2 Mei 2024

CATATAN.CO.ID, Sampit – Dua sekolah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), SMPS Wijaya Kusuma dan SMKN 1 Cempaga Hulu berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Alhamdulillah, kedua sekolah tersebut berhasil mendapatkan penghargaan sebagai sekolah adiwiyata provinsi. Lalu, di Kotim juga ada 6 sekolah lainnya yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Kabupaten. Bahkan, ada 3 sekolah lagi yang mendapatkan Adiwiyata di tingkat nasional,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim, Machmoer, Senin, 13 Mei 2024.

Dia menerangkan, sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah atau PLHBS.

“Gerakan PLHBS merupakan aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup,” jelasnya.

Fatma menambahkan, dalam kriteria pencapaian sekolah adiwiyata, warga sekolah perlu menjaga dan melestarikan fungsi lingkungan hidup antara lain, menjaga kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase.

“Kemudian, warga sekolah juga perlu melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon/tanaman,” lanjutnya.

Selain itu, calon sekolah adiwiyata juga harus melakukan inovasi terkait perilaku ramah lingkungan hidup (PRLH). Serta, melakukan penghematan dan konservasi air dan energi.

Adapun, sekolah-sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata tersebut juga mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim pada saat Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei 2024. (C10)

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id