Ada Orangutan Besar di Desa Tanah Mas 

Orangutan beserta anaknya di kawasan Lingkar Kota Utara terekam kamera drone warga berada di atas pohon.

CATATAN.CO.ID, Sampit – Orangutan kembali muncul di sekitar permukiman warga di Kotawaringin Timur. Kali ini kemunculan terjadi di Desa Tanah Mas, Kecamatan Baamang. Seekor orangutan besar dilaporkan muncul di sekitar desa ini.

“Kami menerima laporan Rohmad, staf desa setempat pada 22 Februari 2022 sekitar pukul 09.00,” ungkap Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Rabu, 23 Februari 2022.

Berdasarkan pengakuan pelapor, orangutan yang muncul berjumlah satu individu. Namun ukuran besar yang diperkirakan sudah dewasa.

“Rencananya kami mengecek ke lokasi kemunculan. Tapi batal karena hujan. Sebab biasanya orangutan tidak akan muncul kalau setelah hujan,” ujarnya

Pihak BKSDA juga memberikan pengarahan via telepon kepada warga yang melapor tersebut. Apabila orangutan masih terlihat oleh warga, maka BKSDA akan menurunkan personel ke lokasi untuk  observasi.

Kemunculan orangutan dengan dengan permukiman warga bukan yang pertama kalinya terjadi di Kotawaringin Timur. Terakhir kemunculan orangutan juga terjadi di kawasan Lingkar Kota Sampit. Di kawasan ini orangutan ada dua individu, induk dan anaknya. Namun setelah petugas observasi dan memantau orangutan tak lagi muncul.(C1)

 

Ucapan Selamat Lebaran Catatan 2024

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang KamiRedaksi | Pedoman Media SiberDisclaimer

© Copyright catatan.co.id. Designed and Developed by catatan.co.id